> Sejarah Singkat UMM

Sejarah Singkat UMM

Posted on Rabu, 01 Agustus 2012 | No Comments

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berdiri pada tahun 1964, atas prakarsa tokoh-tokoh dan Pimpinan Muhammadiyah Daerah Malang. Pada awal berdirinya Universitas Muhammadiyah Malang merupakan cabang dari Universitas Muhammadiyah Jakarta, yang didirikan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Jakarta dengan Akte Notaris R. Sihojo Wongsowidjojo di Jakarta No. 71 tang-gal 19 Juni 1963.

UMM merupakan suatu lembaga pendidikan yang berbasis karakter building supaya meningkatkan personal anak bangssa sesuai dengan semboyan Universitas Muhammadiyah Malang “Dari Muhammadiyah untuk Bangsa”.


UMM memiliki beberapa fakultas & jurusan :
a. Fakultas Agama Islam
b. Fakultas Keguruan & Pendidikan
c. Fakultas Ilmu Sosial & Politik
d. Fakultas Hukum
e. Fakultas Kesehatan
f. Fakultas Psikologi
g. Fakultas Pertanian & Peternakan
h. Fakultas Teknik Kedokteran
i. Magister
j. Doktor

UMM berlokasi di kota Malang profinsi Jawa Timur merupakan kawasan yang berhawa sejuk untuk kuliah. Jumlah mahasiswa aktif 24.178 dan berasal dari berbagai penjuru Indonesia , luar negeri sehingga kampus ini memiliki keanekaragaman suku, agama & budaya.

Selain itu UMM mengembangkan dirinya sebagai universitas unggul dengan melalui program beasiswa “eramus mundus” yang bekerja sama dengan universitas Eropa & Asia. Untuk meningkatkan itu semua UMM melengkapi fasilitas guna mendukung maahasiswa untuk dapat mengembangkan dirinya dengan faktor pendukung UMM dome, medical center, UMM inn, pusat pembangkit listrik micro hidro, rusunawa, rumah sakit pendidikan, wisata agribisnis, divisi perbengkelan, sorum, pabrik peternakan dan yang terakhir SPBU.

Hal ini mendongkrak prestasi UMM mendapat penghargaan sebagai kampus unggulan dari copertis wilayah 7 jawa timur sebagai universitas termuka dari 287 perguruan tinggi sejatim, meraih runner up ”ASEAN ENERGI AWARD 2009” , dsb.

Dari Muhammadiyah untuk Bangsa”

Leave a Reply

Diberdayakan oleh Blogger.